Dirasa Tidak Bermanfaat untuk Masyarakat, Irak akan Larang PUBG dan Fornite

DUTA GAME – Setelah Nepal melakukan ban terhadap game battle royale PUBG, belum lama ini Irak akhirnya telah melakukan hal yang sama apa yang dilakukan pemerintah Nepal, yang mana game Fortnite ikut terkena imbasnya.

Hal tersebut dikarenakan dua game tersebut membawa pengaruh negatif untuk para penduduknya. Dilansir oleh Reuters, larangan ini diberlakukan karena efek negatif yang disebabkan oleh game elektronik untuk kesehatan, budaya, dan keamanan masyarakat Irak, termasuk ancaman sosial dan moral terhadap anak-anak dan remaja.

Moqtada al-Sadr, seorang ulama dan mantan kepala milisi Tentara Mahdi yang memerangi pemerintah dan pasukan pendudukan pimpinan AS dari 2004-2008, memperingati pemerintah bahwa PUBG memiliki efek kecanduan dan segera untuk membanned game tersebut pada pekan lalu.

“Apa yang akan Anda peroleh jika Anda membunuh satu atau dua orang di PUBG? Ini bukan permainan untuk intelijen atau permainan militer yang memberi Anda cara yang benar untuk bertarung,” tulis al-Sadr dalam sebuah pernyataan yang dirilis pekan lalu.

Baca Juga : Dirasa Tidak Bermanfaat untuk Masyarakat, Irak akan Larang PUBG dan Fornite

Dengan adanya perlihat tersebut, respon negatif banyak diberikan oleh masyarakat. Bukan karena larangan tentang bermain PUBG atau Fortnite, melainkan pemerintah seharusnya lebih mendahulukan hal lain, seperti mengurus infrastruktur yang tidak memadai, dan ketidakstabilan politik.

Fornite Dan PUBG

PUBG