Steam Resmi Hadir di Tiongkok Bekerja Sama dengan Perfect World, Tapi Kenapa….?

28 November 2018 kemarin Valve baru saja mengumumkan bahwa aplikasi gaming mereka, Steam, akhirnya resmi hadir untuk pasar Tiongkok berkat kerja sama dengan penerbit game populer, Perfect World. Namun anehnya, banyak gamer di Tiongkok malah tidak menyukai keputusan ini dan ingin ‘mengusir’ Steam China dari Tiongkok. Kenapa?

Mengutip tulisan Josh Ye dari situs Dutagame.com, portal berita industri teknologi, dikatakan bahwa penolakan gamer Tiongkok terhadap Steam China karena mereka khawatir platform ini akan terkena berbagai macam sensor dari pemerintah.

Sebelum kehadiran Steam versi lokal, Steam versi global terbilang cukup beruntung karena tidak diblokir oleh pemerintahan Tiongkok. Meski tidak secara resmi memperkenankan Steam beroperasi di Tiongkok, namun para gamer Tiongkok tetap bisa mengakses Steam untuk main game dengan mudah.

Baca Juga: Game mobile diosa force sambangi android

 

Foto peresmian kerjasama Valve dengan Perfect World untuk peluncuran Steam dan juga The International 2019. Sumber: Dutagame.com

Salah satu contoh nyata gamer Tiongkok menggunakan Steam sebagai media mereka bermain game adalah pada PUBG. Game Battle Royale tersebut segera menjadi fenomena ketika rilis, dan kebanyakan porsi pemain mereka malah berasal dari Tiongkok — bahkan tercatat sebanyak 15.000.000 kopi itu terjual hanya dari pasar Tiongkok sendiri.

Tiongkok memang terkenal cukup ribet dalam soal penyensoran berbagai hal, termasuk soal konten dalam video game. Para pengembang juga tak bisa sembarangan merilis game di Negeri Tirai Bambu dan harus bekerja sama dengan pemerintahan serta mitra lokal agar bisa beredar secara resmi; sebut saja kolaborasi Blizzard dan NetEase sebagai contoh.

Bicara sensor, apakah kamu ingat soal kabar dulu pemerintah Indonesia pernah ingin memblokir Steam dan sejumlah game? Untungnya tidak terjadi ya. Semoga gamer-gamer ini juga tidak perlu mengalaminya. Ikuti terus media sosial duniagames.co.id untuk berbagai informasi terbaru seputar game ya!